Miris..!! Diduga Cemari Lingkungan, Bos Ayam Di Pulo Timaha Alibi Sudah Ijin Aparatur Desa Babelan Kota

SINGKAP NEWS | KAB BEKASI– Pemotongan ayam Sehati yang berdiri di Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi Diduga mencemari lingkungan persawahan, pasalnya pemotongan ayam adalah proses yang penting dalam industri makanan yang melibatkan pemisahan daging ayam dari bagian-bagian lainnya, namun seringkali limbah yang dihasilkan dari proses ini tidak dikelola dengan baik, sehingga mengakibatkan pencemaran air yang serius.

Dikatakan oleh Nursin Ketua Rayon Warga Jaya Indonesia Kecamatan Babelan mengukapkan bahwa proses pemotongan daging ayam yang setiap harinya mencapai kurang lebih 5 ton itu harus mempunyai ijin lingkungan (HO) Dan berbadan hukum serta  jangan merugikan masyarakat setempat.

“Pemotongan ayam yang kami lihat ini sudah menyalahi aturan baik dari lingkungan dalam pembuangan limbah airnya malah dibuang ke persawahan, seharusnya mempunyai water treatmen ataupun recopericondensat untuk pengelolaan limbah air nya, dan disekitaran area pintu masuk pun bau nya sangat menyengat apalagi pemotongan ini sehari sampai 5 ton ayam,”Ujarnya. Jumat (05/07/2023).

Lanjutnya, menurut pengakuan Adi pada Jumat 05 Juli 2023 bahwa gudang pemotongan ayam tersebut berdiri dengan perorangan bahkan jumlah karyawan sekitar 20 lebih pekerja. Disisi lain, Adi selaku Operasional lapangan Sehati mengatakan bahwa ijin yang ada SKU (Surat Keterangan Usaha) dan tidak mengetahui tentang ijin lingkungan.

“Kalau SKU kami ada, kalau ijin lingkungan kami belum mengetahui, serta kami berdiri secara perorangan dengan dinamai Sehati dalam pemotongan tersebut, kami pemotong daging yang sudah mati bukan yang hidup bersih tanpa bulu, dan air ini kita buang di saluran ke persawahan karena waktu itu disini tidak ada saluran pembuangan ke sungai, karena saat itu juga kami dengan pihak pengembang perumahan di depan sepakat untuk membikin saluran, dan sudah dapat ijin pembuangan limbah dari RT /rw bahkan Desa setempat,” Kelitnya.

Pada pantuan team media SingkapNews.com ke lokasi tempat pemotongan ayam sudah berbau tidak sedap sejak jarak 30 meter menuju ke lokasi , sangat menyengat dan melihat pembuangan air dari pemotongan ayam tersebut dialiri ke persawahan sehingga mencemari lingkungan sekitar dan mempengaruhi serapan air tanah.

Loading

Bagikan:
error: